My Menu

Selasa, 09 Januari 2024

Update Peserta Didik Menjadi Lebih Cepat dan Mudah - Dapo Shortcut Versi 2024.7.1.2

Sumber #Danie Lung 


Dalam versi kali ini Admin tambahkan menu untuk updating data peserta didik, hampir semua form input yang tidak terkunci di dapodik Admin tambahkan di dapo shortcut versi ini.

Tidak hanya untuk update data dapodik saja, Admin juga telah tambahkan sedikit kreasi dalam dapo shortcut versi ini yaitu menambah menu untuk membuat surat, contoh surat keterangan siswa.

Yang menarik disini bahwa database untuk menu surat ini tidak menggunakan database dapodik, akan tetapi memanfaatkan library PHPExcel yang akan menyimpan data surat yang telah kita buat.

Dalam menu surat ini kita bebas membuat redaksi surat ataupun template surat, dengan hanya mencari data siswa surat langsung jadi.


Updating Data Peserta Didik

Dalam menu ini ada tiga tab menu, pertama data siswa, kedua edit data dan ketiga untuk fitur impor data.


Dalam tab data siswa disini kita pun bisa edit data dengan cara memilih siswa pada tabel, nanti akan tampil tombol edit di samping kiri. Setelah kita pilih tombol edit disitu maka akan di alihkan ke tab menu edit siswa untuk updating data.

Kita juga bisa updating data pada tab edit data tanpa lewat tabel siswa, kita cukup cari nama siswa pada kotak pencarian dan data untuk updating akan terisi.


Menambah Maps untuk mengisi koordinat


Dalam versi ini Admin tambahkan Maps dari OpenStreetMaps yang juga digunakan oleh dapodik, disini kita bisa gunakan pada menu update atau input siswa baru.

Berkaitan dengan koordinat ketika kita melakukan update data melalui proses impor, kita diharuskan untuk menyesuaikan format, contoh: -90.000, 180.000 tanpa berbeda form lintang dengan bujur, namun cukup disatukan dengan pemisah koma dan satu spasi.

Dalam dapo shortcut versi terbaru ini Admin pisahkan Kode Referensi ke menu terpisah, untuk lebih jelas dalam updating data peserta didik ini silakan lihat di video.


Menu Surat

Sedikit menambah kreasi Admin tambahakan fitur untuk membuat surat, kita cukup siapkan template yang yang kita buat lalu simpan template tersebut untuk dapat digunakan selanjutnya.









Sekali lagi Admin terangkan bahwa untuk Database surat ini tidak menggunakan database dapodik, tetapi memanfaatkan library PHPExcel untuk menyimpan data surat yang telah kita buat, jadi data tersimpan dalam bentuk file Excel.

Data apa saja yang bisa kita gunakan dalam template surat?, yang pasti data nama peserta didik, NISN, NIPD dan yang lainnya. Bagaimana cara membuatnya? lebih baik kita tonton videonya.

Mohon diperhatikan kembali bahwa untuk menyalin folder pada versi ini berbeda, silakan salin folder daposhortcut ke C:\Program Files (x86)\Dapodik \dataweb \apps \web\files. Karena jika menyalin seperti sebelumnya itu dapodik Anda akan error.

Dapo Shortcut 2024.7.1.2

*Menambah performa proses loading data pada tabel periodik upto 80%

*Menghilangkan draw atau reload data setelah update data pada tabel agar meningkatkan performa

Download  Tutorial 

Dapo Shortcut 2024.7.1.1

*Perbaikan status rombel naik kelas namun tetap siswa baru.

*Data tabel registrasi dan periodik menjadi serverside.

*Download datasiswa lengkap seperti di dapodik namun bisa perkelas di menu biodata.

*Download nomor kesejahteraan

Tags:

#Dapo #Shortcut

Kartu Indonesia Sehat (KIS): Cara Mudah Mendaftar KIS Secara Online

Kartu Indonesia Sehat (KIS) merupakan program jaminan kesehatan yang penting bagi warga Indonesia yang memiliki keterbatasan ekonomi. Progra...