My Menu

Senin, 04 Maret 2024

Panduan Aktivasi Akun belajar.id

Terdapat 2 cara untuk Anda dapat melakukan Aktivasi Akun belajar.id, melalui login dan melalui pengecekan status akun.

Terdapat 2 cara untuk Anda dapat melakukan Aktivasi Akun belajar.id, melalui login dan melalui pengecekan status akun. 

Aktivasi melalui Login

Apabila Anda sudah mendapatkan detail Akun belajar.id berupa nama akun (User ID) dan kata sandi (password), maka Anda perlu melakukan aktivasi untuk dapat mengakses berbagai aplikasi pembelajaran. Silakan ikuti panduan berikut untuk aktivasi Akun belajar.id Anda:

  1. Buka halaman https://mail.google.com/
  2. Masuk atau log in menggunakan nama akun (User ID) dan kata sandi (password) Anda (informasi bisa didapatkan oleh Admin Sekolah melalui Portal Admin)
  3. Setujui syarat dan ketentuan penggunaan Akun belajar.id
  4. Lakukan penggantian kata sandi (password) Akun belajar.id
Perlu diketahui, Akun belajar.id hanya dapat diaktivasi secara mandiri oleh pemilik akun. Apabila Anda merasa tidak pernah mengaktifkan akun namun status akun telah aktif, silakan menghubungi Admin Sekolah di sekolah Anda atau mengubah password secara mandiri.

Aktivasi melalui Pengecekan Status Akun

Anda dapat mengaktifkan Akun belajar.id melalui laman ini HANYA jika status Anda tertera ‘Belum Aktif’. Untuk mengaktifkannya:

1. Klik tombol ‘Aktifkan Akun’.

2. Pilih metode pengiriman detail Akun belajar.id Anda, melalui email pribadi atau nomor handphone. Penting diingat, data email dan nomor pribadi ini akan terisi secara otomatis sesuai data yang terdapat di Dapodik.
3. Jika sudah menerima detail akun, silakan login menggunakan Akun belajar.id dan kata sandi yang telah dikirimkan.

Sebagai akun yang digunakan untuk menunjang aktivitas belajar mengajar sehari-hari, ada baiknya Anda mengenali perbedaan antara akun dengan status aktif atau tidak aktif. Sehingga, Anda dapat mengantisipasi jika terjadi kendala kedepannya. Anda pun akan lebih paham dan nyaman dalam menggunakan Akun belajar.id.

Akun berstatus ‘Aktif’, ditandai apabila Anda sudah bisa:

  1. Mengakses berbagai aplikasi Google Workspace (Classroom, Meet, Drive, Docs, Sheets, Slides, dan Form)

  2. Mengakses berbagai platform Kemendikbudristek (Merdeka Mengajar, SIMPKB, Forum TanyaBOS)

  3. Mengakses Chromebook

Info penting! Jika Anda sudah pernah login/aktif menggunakan akun belajar.id, artinya akun Anda sudah berhasil diaktivasi. Tidak perlu khawatir, karena akun Anda telah terhitung sebagai akun yang sudah berhasil diaktivasi. Sedangkan, informasi di laman belajar.id akan terus diperbaharui secara berkala.

 

Akun berstatus ‘Tidak Aktif’, beberapa penyebab hal ini dapat terjadi, di antaranya:

  1. Status Anda sebagai pengguna tidak lagi terdaftar di Data Pokok Pendidikan (Dapodik)

  2. Akun Anda ditemukan melakukan pelanggaran aturan Akun belajar.id

  3. Perpindahan jenjang yang mengharuskan akun lama Anda menjadi tidak aktif

  4. Akun Anda sudah tersedia namun belum melakukan aktivasi.

Untuk mengaktifkan Akun belajar.id Anda, silakan ikuti panduan pada artikel Panduan Aktivasi Akun belajar.id. Jika Anda menemukan kendala lain atas penyebab penonaktifan akun, Anda dengan menghubungi helpdesk melalui tombol 'Butuh Bantuan'.



Kartu Indonesia Sehat (KIS): Cara Mudah Mendaftar KIS Secara Online

Kartu Indonesia Sehat (KIS) merupakan program jaminan kesehatan yang penting bagi warga Indonesia yang memiliki keterbatasan ekonomi. Progra...